Sheila.Anindya


MITOS#1
JURUSAN SOSIAL ENGGAK PUNYA MATA KULIAH EKSAK. BEBAS DARI PELAJARAN MATEMATIKA JUGA

FAKTA :
Siapa bilang bebas dari pelajaran eksak? Hampir semua jurusan sosilal punya mata kuliah statistika. Ini pelajaran serupa matematika. Selain itu, fakultas psikologi punya mata kuliah psikolog faal yang mirip biologi.
MITOS#2 CEWEK MASUK FAKULTAS TEKNIK? GAK BAAKAL MAMPU DEH !

FAKTA :
Enggak semua fakultas teknik berat untuk cewek kok. Fakultas arsitektur buktinya banyak dimasuki oleh cewek. Jangan langsung berfikir kalau kata teknik cuma mengacu pada jurusan mesin aja.

MITOS#3 LULUSAN FAKULTAS ILMU POLITIK CUMA BISA KERJA DI BIDANG PEMERINTAHAN

FAKTA :
Mungkin kata 'menteri' langsung terpikirkan oleh kita kalau mendengar fakultas ilmu politik. Tapi enggak juga lho. Lulusan fakultas ini juga bisa bekerja sebagai peneliti, konsultan, atau kerja di Lembaga Swadaya Masyarakat. Pokoknya semua bidang yang membutuhkan pengetahuan dan kemampuan kita di bidang politik.

MITOS#4
LULUSAN FAKULTAS KRIMINOLOGI BEKERJA KAYAK POLISI ATAU DETEKTIF UNTUK MENANGANI KASUS-KASUS KRIMINAL. IH, SEREEEEM !

FAKTA :
Walah ! Mitos yang kayak gini enggak banget ! Di fakultas ini, kita lebih banyak belajar teori-teori sosial yang berhubungan dengan bidang masyarakat dan kejahatan. Bisa dibilang lulusan ini bakal banyak kerja di belakang meja. Masih banyak bidang lain yang bisa diurus dalam ilmu ini, antara lain adalah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Keren kan?

MITOS#5
KALAU PENGEN AMBIL JURUSAN DESAIN GRAFIS, HARUS JAGO GAMBAR NIH !

FAKTA :
Walaupun enggak jago gambar dengan tangan, kita tetep bisa kok, masuk jurusan desain grafis. Intinya, sih, kita harus punya jiwa seni yang tinggi dan hanya perlu tahu teknik dasar menggambar. Selebihnya, kemampuan menggambar ini bakal diasah terus dengan mata kuliah menggambar ilustrasi. Kalau dengan niat gede untuk belajar, apa sih yang enggak bisa?
MITOS#6 STATUS AKREDITASI MEWAKILI STATUS DAN REPUTASI KAMPUS

FAKTA :
Status akreditasi cuma diberikan untuk satu program studi. Berarti bukan mewakili universitas itu. Lagi pula, sudah jadi rahasia umum kalau status akreditasi kadang-kadang suka menipu. Ada banyak universitas yang mengiklankan dirinya punya status akreditasi disamakan, padahal ternyata cuma punya satu program studi yang menyandang status itu.
MITOS#7 LULUSAN D3 LANGSUNG DAPAT KERJA DAN CEPAT KERJA DIBANDNG LULUSAN S1

FAKTA :
Mahasiswa D3 memang lebih banyak mendapat pelajaran yang berhubungan dengan ketrampilan dan punya skill yang lebih dibanding lulusan s1. Tapi, bukan berarti lulusan D3 PASTI dapat kerja dan SELALU lebih cepat kerja. Semua ini tegantung pada orangnya lagi, kok.

MITOS#8 KULIAH FAKULTAS EKONOMI LEBIH MENGUNTUNGKAN, KARENA LULUSANNYA CEPAT DAPAT KERJA. LAPANGAN KRJA PUN LUAS

FAKTA :
Mitos ini hampir mirip dengan mitos nomor 7. Cepat atau lambatnya seseorang memperoleh pekerjaan tergantung pada orangnya. Setiap fakultas dan jurusan sudah punya lapangan pekerjaan yang enggak kalah banyaknya dengan fakultas ekonomi.
0 Responses

Posting Komentar