Sheila.Anindya
Kuliah di luar negeri kini bukan khayalan lagi. Kita semua bisa merealisasikannya asalkan kita memiliki kemauan dan tekad yang besar untuk mewujudkannya. Yang perlu dilakukan adalah rajin mencari info-info beasiswa ke luar negeri di situs-situs internet yang banyak sekali beredar. Dan yang utama adalah, memastikan beasiswa tsb meliputi biaya apa saja. Apakah hanya biaya kuliah saja atau disertai dengan biaya hidup dan akomodasi.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memenangkan beasiswa:

  1. Segera urus sertifikat akademis dan transkrip nilaimu. Jangan lupa terjemahkan ke dalam bahasa Inggris ya! Kopi dan legalisir sebanyak-banyaknya.

  2. Buatlah proposal penelitian yang terkait dengan studi yang diambil. Pastikan bahwa proposal yang kamu buat memenuhi kaidah-kaidah akademik, contohnya mencantumkan referensi, dan gunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

  3. Cari tahu apakah beassiswa yang kamu dapatkan itu meliputi biaya hidup untuk pasangan kamu atau tidak (bagi yang sudah berkeluarga). Jika belum disediakan, maka kamu harus mengeluarkan biaya sendiri untuk pasangan kamu. Tapi bagi yang masih single, don't worry. Hehehe :D

  4. Jika saat menerima beasiswa itu kamu telah bekerja, pastikan kantormu mendukung kelanjutan studimu.

  5. Perhatikan kesehatanmu, karena banyak yang gagal karena masalah ini.

  6. Isi formulir aplikasi dengan benar dan lengkap.

  7. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan (such as: sertifikat TOEFL/IELTS terbaru, fotokopi ijazah, akta kelahiran, esai yang menimbulkan kesan, dll).

  8. Perhatikan kerapian.Kirim aplikasi dan dokumen jika kamu merasa layak untuk mendapatkan beasiswa tsb.

  9. Jika seleksi dokumen sudah lolos, maka selanjutnya adalah tes wawancara. Tim pewawancara terdiri dari beberapa orang yang berasal dari Negara pemberi beasiswa. Biasanya akan ditanyakan latar belakang pendidikan kita dan alasan kita memilih program studi sebagaimana yang dicantumkan di formulir aplikasi. Berlatihlah menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar untuk keperluan interview ini.

  10. Be prepared and win the scholarship!

Sebenarnya masih banyak banget situs yang memiliki informasi tentang beasiswa gratis. Kamu bisa masuk ke berbagai situs web-web dari universitas-universitas di luar negeri, cari menu tentang scholarship atau international student-nya. Atau cari di search engine, Google atau Yahoo, dengan mengetikkan beasiswa atau scholarship. Maka akan muncul ratusan situs. Great!

Selamat mencoba! Good luck ya! ^^
0 Responses

Posting Komentar